Selasa, 23 Mei 2017

arsitektur terbaik sepanjang sejarah Islam

NAMA : Riyanto pratama
KELAS : SKI A/Semester 2
MK       : SPI Masa Kejayaan
DOSEN PENGAMPU : Prof. DR. H. Khaaerul Wahidin, M.Ag
PERKEMBANGAN ARSITEKTUR ISLAM PRIODE KLASIK (ZAMAN KEEMASAN) PADA TAHUN 650 M - 1250 M

Zaman klasik dalam periodisasi Islam yaitu masa dimana nabi Muhammad SAW diutus menjadi Rasul, dengan al-Qur’an sebagai landasan utamanya. Kaitannya dengan perkembangan Islam pada zaman atau periode klasik ini, disini akan membahas tentang perkembangan pada bidang arsitektur.
Pada zaman ini terdapat perubahan sistem pemerintahan dari beberapa masa kekuasaan yang terjadi, yaitu:
1.    Masa kenabian.
2.    Masa kekhalifahan.
3.    Masa Monarchy Heredits.

1.    Masa Kenabian

Nabi Muhammad SAW telah menjadikan kota Madinah sebagai pusat pemerintahan, pusat dakwah Islam dan tempat mengatur dakwah Islam ke berbagai bangsa sekitar Arab, tempat menerima delegasi dari luar Madinah, tempat mengatur tentara, dan menyusun starategi untuk menghadapi musuh kaum kafir Quraisy dan kaum kafir Yahudi yang menghiyanati Piagam Madinah.
Setelah Nabi Muhammad SAW menjadikan kota Madinah menjadi tempat dimana terdapat berbagai macam kegiyatan, sehingga menjadikan kota Madinah menjadi sebuah kota yang maju dengan bangunan-bangunan gaya modern, dilengkapi fasilitas dan memiliki lembaga-lembaga pendidikan dari tingkat dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Sedangkan Mesjid Nabawi berdiri dengan megah dan mengalami perluasan dengan bangunan baru.
Dimulainya perkembangan dalam bidang arsitektur bisa dirasakan pada masa ini yaitu pada bangunan-bangunan tempat beribadah yang telah dibangun berdiri kokoh, seperti diantaranya:
a)      Mesjid Nabawi
b)      Mesjidilharam
c)      Bangunan Ka’bah
d)     Mesjid Qiblatain
e)      Mesjid Quba, dll.

a)    Mesjid Nabawi
 Hasil gambar untuk masjid nabawi
Mesjid Nabawi

Mesjid Nabawi adalah mesjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW bersama kaum muslimin. Pembangunan  dimulai pada tahun pertama Hijriah bulan Rabiul awal (bulan September 622 M). Bertepatan dengan mulai hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah bersama kam muslimin.
Luas bangunan mesjid 70x60 hasta, dindingnya terbuat dari batu bata mencapai ketinggian kira-kira l7 hasta dan tiangnya terbuat dari pohon kurma dan atapnya dari pelepah kurama. Pada pembangunan pertama dibuat 3 buah pintu (bab) yaitu:
1.      Pintu Rahmat (Bab ar-Rahmah) terletak sebelah timur, pintu tempat masuk Nabi Muhammad SAW dari tempat tinggalnya.
2.      Pintu Jibril (Bab Jibril) terletak sebelah barat, pintu sebagai penghormatan bagi Malaikat Jibril disebt juga Bab as Salam (pintu selamat).
3.      Pintu yang menghadap Baitulmakdis ketika kiblat mengarah ke sana. Kemudian pintu ini ditutup dengan adanya pertukaran arah kiblat ke Kabah di Mesjidilharam pada tahun ke-11 Hijriah. Pintu ini terletak sebelah selatan.

b)   Mesjidilharam 
 Hasil gambar untuk masjidil haram
Mesjidilharam

Mesjidilharam artinya mesjid yang dihormati atau dimuliakan, adalah bangunan berbentuk empat persegi yang megelilingi Kabah. Mesjid ini terletak diatas tanah empat persegi di tengah kota Mekah dan merupakan mesjid tertua di dunia.

c)    Bangunan Ka’bah

d)   Mesjid Qiblatain

e)    Mesjid Quba

2.    Masa Kekhalifahan

Pada masa al-Khalifa al-Rasyidin, Madinah dijadkan pusat pemerintahan Islam, Abu Bakar as-Siddiq mempertahankan Madinah dari rongrongan kaum mrtad, dari kota ituah

Pembangunan fisik pada masa Daulah Bani Umayyah juga mendapat perhatian yang besar. Usaha yang dilakukan oleh Daulah Bani umayyah dalam kaitannya dengan pelestarian bangunan bersejarah antara lain:
(1)    Mengubah gereja St. Jhon di Damaskus menjadi masjid
(2)    Merenovasi Masjid Nabawi
(3)  Membangun Istana Qusayr Amrah dan Istana al-Mustafa yang digunakan sebagai tempat peristirahatan di padang pasir.


Di dalam hal perkembangan peradabaan pada masa modern juga mengalami kemajuan di Arab Saudi mengalami perkembangan yang pesat. Pembangunan-pembagunan fisik sangat dahsyat dari pembangunan jalan raya, jalan kereta, pelabuhan sampai Maskapai penerbangan Internasional, perhotelan, peribadatan seperti Masjidil Haram yang ditengah masjid terdapat Kakbah dan baitul Atiq, Hajar Aswad, Hijr Ismail, Makam Ibrahim dan sumur Zam-Zam yang letaknya berdekatan dengan Kakbah. Bangunan Masjidil Haram sangat luas, sangat indah dan megah. Masjid Nabawi yaitu Masjid yang indah dan megah pula serta ber AC. Di Iran terdapat bangunan yang indah yaitu berupa bangunan arsitektur peninggalan Dinasti Qatar yaitu Istana Niavarand, pekuburan Behesyti Zahra.

















Referensi



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar